Wednesday, February 29, 2012

KAMI BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA!!!



Indonesia--
apa yang kalian pikirkan ketika mendengar nama itu ???
Keindahan alamnya, keragaman budayanya, keramahan orang-orangnya. Itu rata-rata jawaban yang gue denger setiap kali gue nanya tentang Indonesia. Tapi sayangnya, kekayaan yang dimiliki itu tidak dihargai sendiri oleh tuan rumah negeri sendiri. Banyak turis-turis yang datang ke Indonesia untuk melihat dan menikmati kekayaan yang dimiliki Indonesia. Bahkan, sebagian dari mereka tinggal dan menetap di Indonesia untuk mempelajari budaya dan sastra Indonesia. Mereka begitu tertarik dengan Indonesia. 

Tapi apa yang dilakukan orang-orang Indonesia? Mereka malah mengikuti aliran Liberalisme tanpa tahu Demokrasi negaranya sendiri. Tanpa tahu betapa kayanya negeri sendiri. Mereka lebih senang menghabiskan uang mereka untuk pergi ke luar negeri tanpa melirik dunia wisata sendiri. Sungguh ironis!

Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah "Mau diapakan Budaya Indonesia jika orang Indonesia sendiri tidak mengetahui budayanya?"

Mereka akan sadar mereka punya Budaya jika budaya itu telah diklaim Negara lain. Lalu, kemanakah kita saat Budaya kita masih kita pegang? apakah anak-anak sekarang tau tentang gamelan jawa? tau tentang wayang, songket, tari-tarian tradisi??

Gue rasa muatan lokal di sekolah harus melibatkan pelajaran Bahasa Daerah dan Seni Budaya untuk lebih mengenalkan tentang Keragaman budaya bangsa kepada anak negeri. Supaya mereka tidak buta akan kekayaan negerinya sendiri dan lebih membuka mata pada budaya bangsa lain.

Para Orang Tua juga harus ikut andil dalam pelestarian budaya dengan menceritakan bagaimana budaya Indonesia kepada anak-anak mereka. Mencoba meorientasikan rasa gotong royong dan kebersamaan kepada anak-anak agar budaya gotong royong yang melekat dengan gambaran Orang Indonesia tidak punah dibunuh oleh generasi bangsa sendiri.

Ingat!! kalian lahir dan akan mati di tanah pertiwi. Janganlah membuatnya menangis dengan keapatisan kalian dengan Indonesia. Sebobrok apapun negara ini, Ini tetaplah negara yang membesarkan kita, negara yang tanahnya kita injak. Jangan menyalahkan Indonesia kalau sekarang ini Indonesia adalah negara yang miskin dan negara yang terpuruk. Maka dari itu menjadilah orang yang bisa membuat Indonesia tersenyum kepada dunia Internasional dengan prestasi kita dan dengan bangga meneriakkan jika "KAMI BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA!!"



Sumber foto : www.google.com

No comments:

Post a Comment